Langsung ke konten utama

Reimagine 2018 By Jefrey Rahmat


Tujuan kehidupan adalah berbuah dan buah itu dinikmati orang lain bukan diri sendiri. Makanya jangan hanya bertumbuh saja tapi harus menghasilkan sesuatu yang menjadi berkat bagi banyak orang. 

1 Korintus 2:9 (TB)  Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." 

Dilayani oleh Ps Jefrey yang langsung membuka khotbah dengan cerita video yang baru saja ia saksikan tentang warung kopi starbucks, yang membuka gerai dan meresmikan kedainya di Shanghai. Yang berbeda hanya saja kali ini (di Shanghai) bekerjasama dengan Alibaba. Tidak hanya desian interiornya yang menarik tapi juga kreatif. 

Beberapa perusahaan khawatir ketika invest di China, sementara Starbucks terjadi sebaliknya. Pada saat yang lain butuh ide, starbucks muncul dengan ide kreatifnya. 

Banyak diantara kita yang terjebakn didalam rutinitas dan tidak bekerja dengan semangat yang tinggi. Sementara itu kebosanan mulai muncul menekan produktivitas.

Dunia semakin berkembang dan berubah, yang dulunya luarbiasa sekarang menjadi biasa saja, yang dulu trend sekarang menjadi kuno.

Itu sebabnya penting menjadikan excelent bukan pencapaian tetapi semangat yang tidak pernah putus. Penting untuk mengerti bahwa perubahan dibutuhkan.

Yohanes 15:1-2 (TB)  "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Tujuan kehidupan adalah berbuah dan buah itu dinikmati orang lain bukan diri sendiri. Makanya jangan hanya bertumbuh saja tapi harus menghasilkan sesuatu yang menjadi berkat bagi banyak orang. 

Tentang perubahan selalu ada 2 apakah mau memimpin atau dipimpin oleh perubahan.

Memimpin perubahan berubah terlebih dahulu sebelum perubahan itu datang sementara dipimpin perubahan dipaksa berubah kalau tidak akan tergerus dengan zamannya.

Kalau dipaksa berubah akan memakan biaya lebih besar ketimbang melakukan perubahan terlebih dahulu. 

Tahun ini temanya Reimagine, memikirkan ulang, membayangkan kembali. Kita perlu memikirkan ulang agar keluar dengan inovasi-inovasi yang segar.

Kejadian 15:1-6 (TB)  Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu penglihatan: "Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; upahmu akan sangat besar."
Abram menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, apakah yang akan Engkau berikan kepadaku, karena aku akan meninggal dengan tidak mempunyai anak, dan yang akan mewarisi rumahku ialah Eliezer, orang Damsyik itu." Lagi kata Abram: "Engkau tidak memberikan kepadaku keturunan, sehingga seorang hambaku nanti menjadi ahli warisku." Tetapi datanglah firman TUHAN kepadanya, demikian: "Orang ini tidak akan menjadi ahli warismu, melainkan anak kandungmu, dialah yang akan menjadi ahli warismu."

Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu." Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.  

Abram sendiri takut dan khawatir akan masa depan tanpa keturunan. Bahkan ia menurunkan ekpectasinya dan mulai menyalahkan Tuhan. Sehingga Tuhan berkata langsung kepadanya tentang keturunannya. 

Firman Tuhan dapat mengubahkan kehidupan kita bahkan satu ayat saja. Bahkan dalam kehidupan Abram, yang ia lihat hanya hambanya saja (sebagai pewaris hartanya) sementara anak kandungnya tidak dilihat. 

Sementara keturunan Abram sudah ada dalam kenyataan Tuhan dan inilah yang tidak dilihat Abram. 

Selama ini pemandangan kita sempit dengan pemandangan yang terbatas, ini yang melemahkan kita sama dengan abraham.

Terlalu sibuk dengan apa yang sehari-hari dihadapi terjebak dalam rutinitas, sehingga kehilangan pandangan jauh kedepan dan masa depan yang lebih baik.

Kita harus keluar sejenak. Bisa keluar dari rutinitas bisa keluar liburan bisa saja keluar dari pekerjaan yang melelahkan. 

Bahkan sekelas Abram saja sudah penat dam melihat ketidakmungkinan, makanya Tuhan ajak keluar sebentar untuk melihat kemungkinan lainnya. 

Maka itu ada istilah Thinking out of the box, keluar untuk menyegarkan, keluar untuk memperbaiki sudut pandang. Keluar untuk masuk lagi ke dalam dengan perspektif yang berbeda dan lebih baik.

Tentang Imajinasi
Tidak ada yang menghalangi untuk berimajinasi, karena hantaman dan rutinitas terkadang imajinasi itu lenyap. 

Ada kutipan bagus dari Einstein tentang imajinasi. 



Semua keadaan yang sudah ada sekarang hasil dari imajinasi sebelumnya. Yang diperlukan hanya imajinasi, awal yang baik untuk memulai sesuatu. 

Efesus 3:20 (TB)  Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,

Tuhan tidak takut dengan imajinasi yang ada dalam kita. 

Tuhan mau kita mau jadi kepala bukan ekor, Tuhan mau kita menjadi bintang dan garam.

Bayangkan kembali bagaimana kehidupan terjadi kalau Yesus bersama kita.. Lets  Reimagine

Happy Sundae :)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup yang berpengaruh.

    Setelah beberapa waktu lalu menikmati pertunjukkan musikal BUN dari JPCC , kembali minggu ini berkesempatan kebaktian di JPCC Annex Room, Niko.   Pembukaan langsung diberikan ayat 1 Timotius 4:12 (TB)  Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Minggu ini dilayani langsung oleh Ps. Jose Carol. Pengaruh adalah memiliki kemampuan atau kuasa yang bisa mempengaruhi perilaku atau pendapat orang lain. Jadi hidup ada hanya 2 pilihan, dipengaruhi atau mempengaruhi. Orang yang berpengaruh biasanya memiliki jabatan tinggi, temuan penting, atau adalah sesuatu yang membuat seseorang berbeda dari yang lain. Pengaruh itu harus memiliki indeks dampak pengaruh. 1. Change, dampak dari pengaruh yang menyebabkan seseorang terpengaruh dan berubah 2. Teritori, dampak dari perubahan lintas wilayah. 3. Berapa lama penga

Be the best (Excellent)

Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah.   Akhirnya setelah beberapa minggu istirahat, minggu ini dapat kembali merasakan siraman kasih Tuhan.  Biar agak santai, ambil kebaktian yang ke 2 jam 10.30 di Hotel Niko. Yess, dilayani oleh Ps Jefrey Rahmat.  Dibuka dengan ayat Titus 3:14 (TB)  Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah. Kalau saja di negeri ini banyak diisi oleh orang-orang excellent. Kebanyakan orang senang berada diarea rata- rata. Sementara excellent berada Jauh diatas rata-rata.

Masih tentang Tujuan Hidup

Semakin sibuk memikirkan diri sendiri semakin sulit menemukan Pupose. Karena tujuan hidup kita selalu memenuhi dan melayani orang banyak.  Efesus 4:23-24 (TB)  supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,  dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.  Purpose by Ps. Jefrey Rahmat. Siapakah saya sebenarnya? Apa potensi hidup saya? Kemana saya pergi? Apa tujuan dalam hidup saya? Atau kenapa saya dilahirkan? Biasanya muncul ketika mentok dengan permasalahan yang besar. Apa tujuan dan alasan kenapa kita dilahirkan? Kenapa saya ada? Kenapa...kenapa dan kenapa? Penting bagi kita untuk mengetahui mengapa, bukan sekedar meniru tapi mengapa sesuatu itu terjadi. Itu akan membawa pengertian kepada kita yang mencarinya. Kita dilahirkan dengan tujuan.  Atau ada rencana yang tertulis untuk kita.  Alasan kita ada hari ini karena Tuhan memiliki rencana atas kita. Kita mungkin tida